Senin, Februari 16, 2015

Senin, Februari 16, 2015
Jaringan komputer kini semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Membuat jaringan berarti mengaitkan atau menghubungkan komputer yang satu dan komputer yang lainnya. Dengan tujuan agar kedua komputer atau lebih bisa bertukar informasi. Jaringan komputer banyak diterapkan di perkantoran, lab, sekolah, perusahaan, dan warnet. Saya akan mencoba menjelaskan Hardware dan Software apa saja yang dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan komputer warnet.

Analisa Hardware jaringan komputer


1. Komputer

Digunakan dimana warnet yang saya analisa jumlahnya 12 unit komputer untuk client dan ditambah 1 unit komputer yang bertindak sebagai server. Rata-rata warnet yang menggunakan spesifikasi minimum adalah :

Komputer Server :



  • RAM minimal 4GB DDR2 ataupun DDR3.
  • VGA Card minimal 2 GB untuk warnet game online karena sebuah game memerlukan grafis yang sangat besar.
  • Prosesor prosesor AMD dengan type Athlon baik X2 ataupun X3 kecepatan 2,5 Ghz atau Intel Core i3 atau yang lebih terbaru dan berkecepatan tinggi.
  • Hardisk minimum 1 Tera, karena butuh space yang besar untuk menampung data dari komputer client.
  • Monitor menggunakan yang beresolusi 1366x768.

Komputer Client :

  • RAM minimal 2GB DDR2 ataupun DDR3.
  • VGA Card minimal 1 GB untuk warnet game online karena sebuah game memerlukan grafis yang sangat besar.
  • Prosesor prosesor AMD dengan type Athlon baik X2 ataupun X3 kecepatan 2,5 Ghz.
  • Hardisk minimum 320 GB.
  • Monitor menggunakan yang beresolusi 1366x768, karena sangat baik untuk bermain game, streaming, dan browsing.

2. LAN Card

         antar komputer dalam jaringan. Fungsi LAN Card sangat vital, sehingga apabila terjadi permasalahan pada LAN Card maka komunikasi antar komputer menjadi terganggu bahkan terputus.
 

3. Kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair)


Kabel jaringan UTP berguna untuk menghubungkan antar LAN Card pada komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dalam jaringan atau menghubungkan LAN Card pada komputer dengan HUB atau Switch Hub atau Router.

4. Konektor RJ45

RJ45 untuk dipasangkan pada kedua ujung kabel UTP sebagai penghubung antar kabel dengan LAN Card.

5. HUB

Dalam sebuah jaringan besar HUB mempunyai pernan penting karena berfungsi sebagai pusat komunikasi antar komputer yang terhubung melalui HUB tersebut dengan membagi bandwitchnya. Apabila HUB mengalami masalah atau kendala, maka komunikasi dalam jaringan terputus sehingga proses pengiriman dan penerimaan data antara komputer tidak bisa berjalan.

6. MODEM

Perangkat optional ini digunakan jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet, modem dikoneksikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya.

7. PRINTER DAN SCANER


Sebagai alat pelengkap untuk mencetak maupun memindai gambar maupun dokumen dari hasil yang sudah dicetak.



ANALISA SOFTWARE JARINGAN KOMPUTER


Dalam membangun suatu jaringan komputer, tak hanya penggunaan hardware namun disini diharusakan adanya software dan konfigurasi-konfigurasi pada komputer server dan client agar sebuah jaringan komputer dapat bekerja secara optimal. Software yang dibutuhkan yaitu :

    SO (system Operasi) sistem operasi yang biasa digunakan adalah windows XP Service Pack 3. Karena sistem operasi ini cukup kompatibel dengan banyak aplikasi dan game online.

  • Web Browser, seperti Mozzila, Google Chrome, ataupun Flock digunakan untuk menghubungkan kita ke jaringan luar.
  • Billing client, yang digunakan untuk mengelola komputer client.
  • Aplikasi Game Online.
  • Deepfreez berfungsi Mencegah segala macam bentuk perubahan baik setting  system atau perubahan struktur folder/data pada drive (partisi) yang kita inginkan biasanya System drive atau C:\, baik yang disebabkan oleh virus atau oleh pengguna itu sendiri.
  • Antivirus, antispyware, dan malware
  • Adobe Reader, dan Adobe Flash Player untuk streaming youtube, dll.
  • Microsoft Office 2007
  • Media Player

ANALISA TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Dalam membangun suatu jaringan komputer di warnet ini biasanya topologi yang digunakan adalah topologi STAR dimana tiap PC dihubungkan dengan Switch-Hub. Topologi ini memiliki kelebihan yaitu:

Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terkaitt.

  • Tingkat keamanannya tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

ANALISA  TATA LETAK


Berdasarkan Analisa Topologi Diatas maka kita dapat membuat sketsa tata letak yang menggambarkan warnet tempat saya menganalisa.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikJVqBDrbVJ2GkOuUBnm2eNUjSy5v6tReOWnIZLkT4ch8C0Me410omaG_S01OwUwIwVGNRKd1itiYRAdz4zmmL2NQ-sME_9Dqj0TYcGWWsQ2PTwLJBulPJjRRb0PU-S4RhGpbYJuNF5S81/s1600/JARINGAN.jpg 


KESIMPULAN

Berdasarkan dari analisis di atas maka saya dapat menyimpulkan dalam pembentukan suatu jaringan komputer terdapat hardware dan software yang mendukung terhubungnya suatu komputer dengan komputer lain adapun hardware yang diperlukan yaitu Router, Switch/Hub, Modem, Konektor RJ 45, Kabel UTP dan komputer yang akan dihubungkan tentunya, dan untuk software yang diperlukan terdiri dari OS, web brwoser dan billing client. Dan disini kita dapat menyimpulkan topologi yang cocok diimplementasikan di suatu warnet adalah topologi star.

Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar